WATU ULO PANTAI SELATAN DENGAN PESONA MISTISNYA

WATU ULO PANTAI SELATAN DENGAN PESONA MISTISNYA
                              Pantai Watu Ulo Jember - Jawa timur. Indonesia

Datang ke Jember tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Pantai Watu Ulo. Pantai ini berada di desa Sumberejo, kecamatan Ambulu, sekitar 40 km di selatan Jember.

Nama Watu Ulo sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti Batu Ular. Hal ini mengacu pada susunan batu, yang memanjang dari pesisir pantai ke lautan, yang berbentuk seperti badan ular.
Karena keunikan bentuknya, susunan batu ini dianggap sebagai daya tarik terbesar dari Watu Ulo.

Susunan batu tersebut diyakini adalah potongan badan dari nogo rojo (ular raksasa yang menghuni Watu Ulo) yang dibunuh oleh Mursodo.
Dahulu, saat Mursodo dan Raden Said (yang kemudian dikenal sebagai Sunan Kalijaga) sedang memancing di pinggir pantai.

 "Ini badannya yang di Watu Ulo, lalu kepalanya di Grajagan, Banyuwangi, dan ekornya entah ini benar atau salah ada di Pacitan," terang Anshori, penjaga pantai Watu Ulo yang ditemui wartawan.

Terlepas dari adanya kesan mistis yang melingkupi keberadaan pantai berpasir gelap ini, geliat industri wisata di pantai ini cukup subur.
Wisatawan bisa menginap di hotel dan penginapan sederhana di sekitar pantai, serta memanjakan perut dengan mencicipi hidangan laut super lezat yang ditawarkan oleh warung-warung di pinggir pantai.

Di sekitar karang, Anda akan menemukan beberapa orang yang tampak sibuk meraba atau mencongkeli pinggiran karang.
Mereka rupanya sedang mencari kerang atau bulu babi. Beberapa mengatakan bahwa jika hasilnya cukup banyak, mereka akan menjualnya, namun kalau sedikit akan dimakan sendiri.

Meski popularitas Watu Ulo telah meredup seiring dengan meningkatnya kunjungan ke Papuma, pantai ini tetap menjadi salah satu ikon wisata Jember yang patut untuk dikunjungi. (kat)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »