MENGUJI ANDRENALIN DI PANTAI TIMANG

Pantai Timang merupakan obyek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di desa Purwodadi kecamatan Kepus - kabupaten Gunung Kidul
Lokasi pantai Timang cukup terpencil, sehingga untuk mencapai pantai tidak semudah yang dibayangkan karena akses menuju pantai cukup sulit, jalan berbatu dan belum beraspal.
.
                                          Akses jalan berbatu menuju pantai Timang

Pantai Timang terdiri dari hamparan pasir putih dan banyak tumbuhan pandan di sekelilingnya.
Pantai Timang ini sebenarnya terdiri dari 2 bagian yaitu :
1. Pantai dengan hamparan pasir putih di sebelah timur.
2. Pantai yang berdekatan dengan sebuah pulau kecil yang sering disebut pulau pajang atau batu pajang.

Antara daratan dengan pulau pajang jaraknya sekitar 200 meter, untuk menuju ke pulau pajang anda tidak perlu menyeberangi dengan berenang, karena ada kereta gantung yang menghubungkan dari daratan ke pulau panjang.
Kereta gantung ini dulunya hanya digunakan warga setempat untuk mencari lopster dan sarang burung walet yang banyak terdapat di pulau pajang, namun saat ini kereta gantung ini banyak digunakan wisatawan untuk menguji andrenalin.

                         Uji andrenalin dari daratan menuju ke pulau panjang dengan kereta gantung

Bagi yang tidak memiliki kekuatan mental yang bagus jangan sekal-kali mencoba menaiki kereta gantung ini, karena kerta gantung ini hanya terbuat dari kayu dan tali sebagai relnya, terbentang berayun-ayun sepanjang 200 meter, dikhawatirkan anda syok.

Saat berada di kereta gantung, deburan ombak laut selatan seakan dapat menjangkau tubuh anda yang terayun-ayun di ketinggian 50 meter di atas permukaan air laut, lebih parah lagi tidak ada yang menjamin keamanan anda, tidak tersedia pelampung, juga tidak ada tim Sar khusus dan jauh dari tempat pelayanan medik.

Keindahan lainnya dari pulau Timang selain pemandangan di kiri dan kanan yang juga indah adalah karena lokasi pantainya agak menjorok ke laut sehingga bisa untuk menikmati keindahan sunset / matahari tenggelam.

Mengingat pantai Timang ini tergolong pantai yang masih perawan, karenanya belum banyak wisatawan yang datang berkunjung, dan bila anda ingin mengunjungi pantai Timang ini saya sarankan lebih baiknya menggunakan sepeda motor atau mobil 4 whell drive, karena sepanjang 5 km anda harus melewati medan layaknya untuk off road berbatu dan naik turun.
Namun bila sudah sampai di tempat tujuan semua kelelahan anda akan terbayar dengan keindahan pantai ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »