AIR TERJUN MADAKARIPURA

AIR TERJUN MADAKARIPURA
                         Wisata alam  Air terjun Madakaripura di Probolinggo - Jawa TimurAir terjun 

Air Terjun Madakaripura adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di kabupaten Probolinggo, propinsi Jawa Timur - Indonesia. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter dan berbentuk lembah yang dikelilingi tebing-tebing yang menjulang tinggi dan meneteskan air yang membentuk tirai pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan.

Terdapat 5 terjunan air di lokasi tersebut dengan air terjun utama berada di ujung sebuah ruangan berbentuk lingkaran dengan diameter kurang lebih 25 meter, dan 3 diantaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

Lokasi air terjun madakaripura tidak jauh dari lautan pasir Gunung Bromo dengan jarak tempuh sekitar 45 menit ke arah Probolinggo.
Menurut keterangan penduduk setempat nama Madakaripura diambil dari cerita pada zaman dahulu, konon patih Gajah Mada menghabiskan akhir hayatnya dengan bersemedi di air terjun tersebut.
Cerita ini didukung dengan adanya arca Patih Gajah Mada di lokasi parkir area.

Untuk mencapai tempat wisata air terjun Madakaripura cukup mudah, lokasi bisa dicapai dengan kendaraan pribadi atau mobil sewaan.
Dari arah Probolinggo sesampai di desa sukapura belok kanan, melewati jalan aspal dengan pemandangan gunung, sekitar 5 km perjalanan sampailah di pintu masuk kawasan wisata air terjun Madakaripura yang di tandai adanya patung Gajah Mada.

Selanjutnya berjalan kaki sekitar 20 menit menyusuri jalanan setapak disebelah aliran sungai yang berbatu-batu, yang kanan kiri diapit tebing tinggi dengan pepohonan yang cukup lebat.
Nah,,, seru bukan, 





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »