WISATA KE NUSAKAMBANGAN

WISATA KE NUSAKAMBANGAN
                                                              Pulau Nusakambangan

Nusakambangan terkenal dengan sebutan pulau penjara untuk narapidana kelas kakap, yang memiliki kesan angker dan menyeramkan.
Pulau Nusakambangan ini merupakan kawasan pantai selatan kabupaten Cilacap yang dipisahkan oleh segara anakan dari daratan pulau jawa.

Sejak jaman Belanda pulau Nusakambangan dijadikan sebagai tempat pengasingan para penjara untuk menjalani masa tahanannya hingga dieksekusi hukuman mati.
Lp di Nusakambangan ini tergolong penjara tertua yang dibangun sejak tahun1908 dan masih berfungsi hingga saat ini

Pulau Nusakambangan kondisinya memanjang dari timur ke barat sekitar 36 km dengan lebar hampir 6 km dengan luas keseluruhan sekitar 210 km persegi atau 21.000 Ha.
Namun dibalik misteri dan keangkerannya, pulau Nusakambangan ini memiliki daya tarik wisata yang berupa beberapa Gua, benteng, pantai dan panorama alam lainnya.

Adapun wisata yang menarik di pulau Nusakambangan diantaranya :
1. BENTENG PENDEM

WISATA KE NUSAKAMBANGAN

Benteng Pendem merupakan bekas markas besar pertahanan tentara Belanda yang terdiri dari bangunan yang terpisah seperti barak prajurit, klinik, penjara, ruang jendral Belanda beserta ruang amunisi.
Konon dibenteng Pendem ini terdapat terowongan yang menembus ke laut sebagai antisipasi melarikan diri prajurit pada jaman dahulu.

2. Benteng Karang Bolong

WISATA KE NUSAKAMBANGAN
                                                     Pintu masuk benteng Karang Bolong

Benteng karang Bolong ini walaupun terkesan angker, namun kekokohan didalamnya masih tampak terutama pada beberapa bagian yaitu bagian ruang senjata, ruang penyiksaan, ruang penjara, sel dibawah tanah dan lubang sumur seukuran tubuh orang dewasa.

Benteng ini terdiri dari beberapa lantai, adapun lantai paling atas merupakan ruangan komandan karena memiliki pandangan ke laut lepas sehingga dapat untuk mengintai musuh.
Benteng Karang Bolong difungsikan untuk pertahanan tentara belanda dari serangan musuh dan untuk gudang penyimpan rempah-rempah milik Belanda.

Demikian tulisan saya tentang pulau Nusakambangan, untuk mengetahui lebih jauh tentang panorama Nusakambangan silahkan membaca tulisaku selanjutnya.
Salam Muly dari jauh

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »